Pengantar Cara Memulai Bisnis Online

Di sini saya menguraikan 8 Tahap Cara Memulai/Membangun Bisnis Online berdasarkan Pengalaman Pribadi. Ini adalah Pengembangan dari 5 Cara Umum yg saya uraikan sebelumnya. Jika lupa, baca lagi di 5 Tahapan Umum Membangun Bisnis Online.

(Untuk Level Pemula…!!)

Untuk memberi semangat di awal anda belajar,  coba lihat Transferan dollar berikut :

Itu adalah proses transaksi Konversi Dollar ke Rupiah pada Rekening Paypal di Internet. Proses Transfer Dollar dari Paypal ke Rekening Bank di Indonesia butuh waktu 2-4 hari kerja. Kebetulan karena saya mintanya hari Senin, jadi sampai ke Rek BCA saya cuma 2 hari kerja.

Gambar di atas adalah hasil transferan Dollar yg udah masuk ke Rekening Rupiah di BCA.

Ada satu pertanyaan dari saya :  Apakah anda mau  juga seperti itu?? Apa anda mau punya penghasilan dari Internet?

Jika anda mau, jawaban saya ada tiga : anda mesti mau belajar, mau praktek, dan mau fokus..Hilangkan prasangka negatif  “tidak bisa” atau “buruk sangka” sebelum anda coba tiga hal tersebut..! Bisnis di Internet adalah bisnis riil dan sangat banyak sumber penghasilannya..Ini bukan bisnis langsung kaya “sim salabim”..Anda perlu proses belajar untuk bisa mendapatkan uangnya..!!

Oke, Mari kita mulai belajar…………….

Untuk memulai bisnis online atau menjadi pebisnis online, setidaknya ada 8 hal yang mesti Anda pelajari dan praktekkan….Belajar dan praktek ini harus dijalankan dengan fokus agar hasil dolar atau rupiah yang anda harapkan bisa segera mengalir…Fokus berarti lebih menekankan konsentrasi pada satu hal dulu, setelah paham baru dilanjutkan ke hal lain…Anda akan sulit memahami hal lain jika satu hal yang penting anda lewatkan…Kenapa? karena sesungguhnya ilmu internet marketing itu berkaitan satu dengan yang lain…karena anda menjalankan bisnis online menggunakan suatu sistem dalam teknologi internet yang saling melengkapi…

Saya kasih contoh sederhana bagaimana cara fokus berdasarkan pengalaman kesalahan masa lalu saya :

#Anda lihat 8 urutan membangun bisnis online di bagian paling bawah. Ini adalah urutan yang semestinya dilakukan jika kita akan membangun suatu bisnis online jangka panjang..Dulu waktu pertama belajar di asianbrainahira, saya sudah diberitahu bagaimana urutan  membangun bisnis online..

Namun karena sifat ketergesaan saya, urutan tersebut tidak saya patuhi. Saya beranggapan hal itu gampang diperbaiki di kemudian hari..yang penting saya bisa segera menghasilkan dollar dulu.. Mulailah saya memikirkan sebuah topik yang saya sukai (urutan ke-1), lalu melakukan sedikit riset yang tergesa-gesa (urutan ke-2), dan kemudian segera membuat website dengan menggebu-gebu (urutan ke-4)..Urutan ke-3 saya abaikan saja…Saya berpikir waktu itu dollar akan segera mengalir ketika website saya sudah jadi..Karena saya yakin topik saya banyak peminatnya (ada niche marketnya)..

Namun apa yang terjadi?? Selama beberapa bulan website saya sepi pengunjung..Dalam sehari paling pengunjung yang datang cuma beberapa belas orang.. maksimal 30 orang..Padahal idealnya jumlah pengunjung suatu website yang ramai di atas 100 pengunjung per hari..kalo bisa 500 orang, bahkan lebih baik lagi kalau 1000 orang per hari..

…………………………………………………………………….

Saya dapat menganalogikannya seperti waktu menjaga toko sepatu saya di sebuah Mall di Bogor..Pada awalnya pernah toko itu cuma dikunjungi oleh beberapa belas orang saja yang masuk (pernah juga di bawah 10 orang)..taruhlah cuma dikunjungi oleh 10 orang. Biasanya pengunjung pada awalnya hanya sekedar melihat-lihat saja. .Niat membeli muncul kalo barang yang dilihat bagus dan cocok harganya…Oke, Berapa penjualan yang bisa diharapkan dari kunjungan yang sedikit itu? kalo kita ambil persentase 10% saja yang membeli dari 10 kunjungan, maka cuma ada 1 penjualan per hari..kalo 20% yang membeli, maka cuma ada 2 penjualan per hari…Coba bandingkan kalo ada 100 kunjungan per hari…Kalo 10% saja yang membeli, maka akan ada 10 penjualan per hari, kalo 20% yang membeli, maka akan ada 20 penjulan per hari..terlihat perbedaan hasilnya sangat jauh bukan?? Padahal itu hanya bermula dari jumlah pengunjung yang hanya melihat-lihat saja..

…………………………………………………………………….

Kembali pada permasalahan website saya tadi…apa yang salah pada website saya?? Tiap hari saya melihat perkembangan account saya di internet..Dollarnya susah sekali bertambah…capek juga setiap hari ngecek, ternyata setiap hari juga kecewa…Saya terus berpikir dan menganalisa…di mana letak kesalahannya? Ohoo…Ternyata saya membutuhkan waktu sekitar 5 bulan utk menemukan penyebabnya…Ternyata saya mengabaikan urutan yang ke-3 dalam membangun bisnis online..Apa itu? ternyata saya melupakan mencari konten yang menarik yang  bisa membuat pengunjung betah berkunjung ke website saya..Saya hanya mengisi konten website asal penuh saja..caplok sana, caplok sini, lalu “ditempelkan” ke website saya…

Yang jelas, artikel saya tidak terstruktur alami, gambar/design website kurang menarik, dan program affiliasi yang saya tempel juga kurang menarik pengunjung….Alhasil, saya tidak memikirkan bagaimana segi daya tariknya website bagi pengunjung…Tidak memikirkan bagaimana pengunjung betah dan mau balik lagi ke website saya….

……………………………………………

Saya contohkan lagi toko sepatu offline saya..kalo warna cat dinding toko dan susunan sandal/sepatu saya acak-acakan, atau model yang ada di toko merupakan model lama yang kurang diminati wanita, serta penampilan penjaga tokonya urakan, pengunjung mana yang tertarik balik lagi?? jangankan balik lagi, pertama kali berkunjung pun mungkin orang pikir-pikir dulu untuk masuk karena tampak dari luar kesan toko dan isinya tidak menarik..

……………………………………………

Sekarang anda pahamkan kesalahan saya dulu…hanya karena hal sepele melewati satu urutan saja, akibatnya fatal untuk jangka panjang…Padahal promosi teknik SEO (Search Engine Optimation) udah saya lakukan sesuai petunjuk Bu Guru Ahira (urutan ke-5). Namun hasilnya selama 5 bulan hampir Nothing alias sia-sia..

Oke, agar anda tidak melakukan kesalahan yang sama seperti yang saya lakukan dulu, ada baiknya anda ikuti 8 urutan di bawah ini..Ingat, ini adalah urutan jika anda ingin membangun bisnis online jangka panjang yang terus berpenghasilan…Ini bertujuan untuk memperkuat pondasi bisnis online anda agar siap menjadi besar dan kokoh…

Dan ini berlaku jika anda memasarkan produk sendiri, maupun memasarkan produk orang lain…

Berikut 8 urutan Membangun Bisnis Online yang saya Rekomendasikan :


1. Kenali dulu topik apa yang menarik menurut anda…..Tentunya yang menarik menurut hobi atau minat atau keahlian anda.
2. Lakukan sedikit riset, apakah topik tsb punya target pasar atau tidak (niche market).
3. Kumpulkan tulisan atau gambar yang bisa mendukung website/toko anda kelak.
Juga kumpulkan sumber penghasilan apa saja yang akan anda tempel di website anda nantinya..
Sumber penghasilan dari reseller/affiliate apapun bisa anda tempel diweb anda berdasarkan topik terkait….bukan hanya itu, anda berpeluang mendapatkan penghasilan dari puluhan program lain di internet..
Ibarat toko, website anda bisa menjual berbagai macam produk..Syaratnya, anda harus tau dulu topik apa yang lagi hangat di cari orang.
Topik (niche market) itulah yang anda jadikan uraian dalam website anda kelak.

4. Buatlah sebuah website/blog yang sesuai dengan topik anda tadi.
5. Promosikan website/blog anda utk mengundang pengunjung.
6. Lakukan sedikit teknik marketing untuk kesuksesan bisnis online anda.
7. Kontrol pengeluaran anda.
8. Akhirnya pilih dan fokuslah pada program-program yang terbukti berpenghasilan bagi anda. Percaya, Anda tinggal cek saja sudah berapa dollar atau rupiah yang masuk ke account anda setiap hari…!

Disalin dari DAVID S.PUTRA.S.si , http://www.bisnisdavid.com

One thought on “Pengantar Cara Memulai Bisnis Online”

Tinggalkan Balasan

